Berbakti Pada orang Tua Yang Sudah Meninggal

Apa ada amal (kegiatan) yang termasuk birrul walidain (berbakti kepada kedua orang tua), saat orang tua sudah meninggal dunia? Sesuai dengan Hadist Rasullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, amal tersebut ada.

عَنْ أَبِي أُسَيْدٍ مَالِكِ بْنِ رَبِيعَةَ السَّاعِدِيِّ، قَالَ: بَيْنَا نَحْنُ عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِذْ جَاءَهُ رَجُلٌ مِنْ بَنِي سَلَمَةَ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، هَلْ بَقِيَ مِنْ بِرِّ أَبَوَيَّ شَيْءٌ أَبَرُّهُمَا بِهِ بَعْدَ مَوْتِهِمَا؟ قَالَ: «نَعَمْ الصَّلَاةُ عَلَيْهِمَا، وَالِاسْتِغْفَارُ لَهُمَا، وَإِنْفَاذُ عَهْدِهِمَا مِنْ بَعْدِهِمَا، 
 وَصِلَةُ الرَّحِمِ الَّتِي لَا تُوصَلُ إِلَّا بِهِمَا، وَإِكْرَامُ صَدِيقِهِمَا» [سنن أبي داود: 4/335]

Hal ini disampaikan oleh KH Sulthon Abdul Hadi, pengasuh PP BahrulUlum Tambakberas Jombang serta menantu KH Abdul fattah Hasyim, dalam sambutan atas nama keluarga dalam peringatan Haul KH Abdul Fattah Hasyim ke 37 pada Kamis (21/03) di halaman rumah Pondok Pesantren Putri Alfathiiyyah.

Lebih lanjuta,Kiyai Sulthon menyampaikan bahwa, dalam Hadist tersebut dikatakan, amal-amal yang masih bisa dilakukan sebagai kegiatan berbakti kepada orang adalah: 

pertama, berdo’a kepada orang tua yang sudah wafat. Hal ini sesuai juga dengan hadist Nabi Muhammad SAW tentang amal jariyah yang masih mengalir saat seseorang sudah meninggal.

Kedua, memintakan ampunana kepada Allah SWT bagi kedua orang tua.

Ketiga, melaksanakan janji yang pernah dilontarkan oleh kedua orang tua yang belum terlaksana,saat kedua orang tua masih hidup.

Keempat, menyambung tali silaturrahim dengan keluarga, yang tidak bisa dilakukan kecuali lewat jalur kekeluargaan orang tua. yang terakhir,menghormati teman-teman kedua orang tua saat masih hidup
[source]

0 komentar:

Posting Komentar

kau berkomentar maka kau berfikir