8 Llubang Besar di Bumi


8 LUBANG BESAR DI BUMI

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagai sebuah fakta unik yang mungkin belum anda ketahui yaitu 8 lubang besar di Bumi kita ini. Kedelapan lubang ini tidak semuanya terjadi secara alami. Tetapi, kedelapan lubang ini terjadi karena ulah Manusia sendiri yaitu dampak dari penambangan besar-besaran. Dimana sajakah letak lubang besar di Bumi kita ini? Mari kita simak dibawah ini bersama-sama:

1. Tambang Berlian Mirny di Siberia Lubang ini terjadi akibat pertambangan berlian. Diameternya 525 meter dan kedalamannya adalah 1200 meter. Lubang ini disebut juga sebagai tambang berlian terbesar di dunia. Selain itu, Pesawat dan Helikopter juga dilarang terbang di atas lubang ini. Karena apabila mereka terbang diatasnya, bisa saja mereka tersedot masuk ke dalam lubang ini. Ditemukan oleh seorang ahli geologi, Yuri Khabardin pada tahun 1955, dibuka sebagai pertambangan pada tahun 1957, terletak di kota Mirny, Republik Sakha-Rusia. Tambang Mirny ini dapat menghasilkan berlian 2 juta karat setiap tahunnya, namun pada tahun 2004 telah ditutup karena suhu di dalam bisa mencapai -45oC sampai -50oC, terlebih saat musim dingin. Keadaan itu membuat para penambang banyak mengalami kendala, seperti ban-ban truk membeku hingga mudah pecah, sedangkan peralatan besi jadi rapuh hingga gampang patah.

Sampai saat ini tambang berlian Mirny ini masih tetap menjadi misteri yang belum terpecahkan, karena bisa menghasilkan berlian dalam jumlah besar terus-menerus dan berlian-berlian itu bisa mempunyai bentuk serat yang berukuran sama. (sakti, dari berbagai sumber)

2. Darvaza - Lubang Neraka Pada tahun 1971, ahli geologi menemukan deposit bawah tanah besar berupa gas alam di tempat ini. Saat menggali, sebuah rig pengeboran secara keseluruhan jatuh ke dalam gua bawah tanah. Gas alam di tempat ini terus terbakar bahkan sampai hari ini, karenanya lubang ini disebut juga pintu atau lubang neraka. Lokasinya berada di Turkmenistan.

3. Kimberley, Afrika Selatan Di Kimberley, Afrika Selatan juga ada lubang pertambangan berlian. Lubang ini dalamnya 1.097 meter dan tahukah kamu, lubang sebesar ini digali oleh tangan-tangan manusia secara manual. Dan sebelum ditutup tahun 1914, lubang ini bisa menghasilkan hingga 3000 kg berlian.


 4. Monticello Dam - California Bentuk lubang pada bendungan terbesar di Amerika ini memungkinkan air mencapai kapasitas 48.400 kubik lalu bisa mengalir ke bendungan. Konstruksi ini merupakan spillway terbesar didunia . Tujuan dari spillway ini sendiri adalah menjaga kapasitas volume air dalam waduk agar tidak berlebihan . Lubang ini sendiri dipasang 200 meter dari bendungan Monticello , dengan diameter corong terbesar 72 kaki menyempit hingga sekitar 28 kaki .

Menurut suatu info, katup ini dapat menangani kelebihan air hingga 362.000 galon air setiap detik nyaa. Info lain mengatakan bahwa konstruksi ini dapat menangani kelebihan air hingga 14.400 kubik setiap detiknya . Dari beberapa info yang didapatkan beginilah cara kerja konstruksi ini. Saat kapasitas air ataupun permukaan air dalam bendungan meningkat , air akan masuk lama kelamaan air akan surut dan berkurang.
Hingga akhirnya kapasitas ataupun permukaan air kembali ke keadaan normal.

5. Diavik Mine - Kanada Tambang berlian Diavik lokasinya sekitar 300 kilometer dari Yellowknife di Kanada. Tambang ini menghasilkan 8 juta karat (1.750 kg) berlian per tahun. Tambang Diavik Diamond Mine ini sangat besar dan berada di daerah yang jauh sehingga memiliki bandara dengan landasan yang cukup besar untuk menampung sebuah Boeing 737. Sangat indah terlihat dari atas ketika musim dingin dan di sekitarnya adalah gurun es .

The Diavik Diamond Mine di Kanada adalah salah satu tambang berlian yang paling menakjubkan di dunia. Pertambangan dimulai pada tahun 2003 dan diperkirakan akan berlanjut selama paling tidak 15-20 tahun. Hal ini telah menjadi bagian penting dari perekonomian daerah, yang mana mempekerjakan 700 orang leih dengan penghasilan $ 100 juta dalam penjualan, dan menghasilkan 8 juta carats (1600 kg) berlian setiap tahun. Kawasan itu disurvei pada tahun 1992 dan konstruksi dimulai pada tahun 2001, dengan produksi dimulai pada Januari 2003. Tambang ini dihubungkan dengan jalan es Bandara Diavik dengan 5.235 kaki (1.596 m) kerikil landasan pacu secara teratur menampung pesawat jet Boeing 737. Tambang ini dimiliki oleh perusahaan patungan antara Harry Winston Diamond Corporation dan Diavik Diamond Mines Inc, anak perusahaan Rio Tinto Group. Tambang kimberlite terdiri dari tiga pipa yang terkait dengan Lac de Gras kimberlite lapangan, terletak di sebuah pulau 20 kilometer persegi (8 sq mi) di Lac de Gras dan disebut Pulau Timur. Berada di sekitar 220 kilometer (137 mil) selatan Lingkaran Arktik. Pada 5 Juli 2007, konsorsium dari tujuh perusahaan pertambangan, termasuk Rio Tinto, mengumumkan mereka mensponsori studi dampak lingkungan untuk membangun pelabuhan air dalam di Bathurst Inlet. Rencana mereka termasuk membangun 211 km (131 mi ) jalan yang menghubungkan pelabuhan tambang mereka. Pelabuhan kapal akan melayani hingga 25.000 ton.

6. Sinkhole-Guatemala Pada tahun 2007 sebuah lubang tiba-tiba saja terbentuk di Guatemala dan menelan sekitar selusin rumah. Lubang ini dalamnya 300 kaki fakta unik dan menarik fakta unik dan menarik. Sebuah sinkhole, juga dikenal sebagai wastafel, ular lubang, menelan lubang, swallet, doline, atau cenote, adalah depresi alami atau lubang di permukaan bumi disebabkan oleh proses karst - misalnya, pembubaran kimia batuan karbonat atau proses suffosion di pasir. Sinkholes dapat bervariasi dalam ukuran dari 1 sampai 600 meter (3,3 hingga 2.000 kaki) baik dalam diameter dan kedalaman, dan bervariasi dalam bentuk dari tanah berlapis mangkuk ke bedrock bermata jurang. Sinkholes dapat terbentuk secara bertahap atau tiba-tiba, dan ditemukan di seluruh dunia.


7. Great Blue Hole - Belize The Great Blue Hole adalah lubang pembuangan air di lepas pantai Belize. Lokasinya sekitar 60 mil dari Belize City. Diameternya sekitar 305 meter dan kedalamannya 123 meter. fakta unik dan menarik fakta unik dan menari. The Great Blue Hole adalah lubang pembuangan kapal selam besar di lepas pantai Belize. Itu terletak di dekat pusat Lighthouse Reef, sebuah atol kecil 70 km (43 mil) dari daratan dan Belize City. Lubang ini berbentuk lingkaran, lebih dari 300 m (984 ft) di seluruh dan 124 m (407 ft) dalam. Itu dibentuk selama beberapa episode glaciation kuartener ketika permukaan air laut jauh lebih rendah. Analisis stalaktit ditemukan di Great Blue Hole menunjukkan formasi yang terjadi 153.000, 66.000, 60.000, dan 15.000 tahun ago.As laut mulai bangkit kembali, gua-gua yang tergenang. The Great Blue Hole adalah bagian dari Sistem Barrier Reef Belize yang lebih besar Reserve, sebuah Situs Warisan Dunia dari Organisasi PBB Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan (UNESCO).Situs ini dibuat terkenal oleh Jacques-Yves Cousteau, yang menyatakan itu salah satu dari sepuluh situs scuba diving top di dunia. Pada tahun 1971, ia membawa kapalnya, Calypso, ke lubang untuk memetakan kedalaman nya. Investigasi oleh ekspedisi ini dikonfirmasi asal lubang sebagai khas kapur formasi karst, terbentuk sebelum kenaikan permukaan laut di sedikitnya empat tahap, meninggalkan tepian pada kedalaman 21 m (69 kaki), 49 m (161 ft), dan 91 m (299 ft). Stalaktit yang diambil dari gua terendam, membenarkan pembentukan mereka sebelumnya di atas permukaan laut. Beberapa dari stalaktit juga off-vertikal dengan 5 ° dalam orientasi yang konsisten, sehingga menunjukkan bahwa ada juga beberapa pergeseran geologi masa lalu dan miring dari dataran tinggi yang mendasarinya, diikuti dengan periode panjang di pesawat saat ini.


8. Well Of Chand Baori Chand Baori terletak di dekat Jaipur Abhaneri, Rajasthan, India. Dibangun pada abad ke-9. Terdiri dari 13 tingkat dengan kedalaman hingga 100 kaki. fakta unik dan menarik fakta unik dan menarik Demikianlah fakta unik tentang 8 lubang besar yang ada dibumi kita. Chand Baori dibangun oleh Raja Chanda dari Dinasti Nikumbha antara 800 dan 900 CE dan didedikasikan untuk Hashat Marta, Dewi Joy dan Kebahagiaan setelah selesai.

Negara bagian Rajasthan sangat kering, dan struktur maksud dan akhir Chand Baori dimaksudkan untuk menghemat air sebanyak mungkin. Di bagian bawah sumur, udara tetap 5-6 derajat lebih dingin daripada di permukaan, dan Chand Baori digunakan sebagai tempat pertemuan masyarakat untuk penduduk setempat selama panas



Tanpa kita sadari ternyata ulah kita sendirilah yang menyebabkan lubang besar tersebut terjadi. So, mari kita jaga alam tempat tinggal kita dari sekarang.
terima kasih telah membaca artikel ini.
artikel ini dapat kamu baca di:http://pengetahuan-aja.blogspot.com/search/label/fakta%20unik

0 komentar:

Posting Komentar

kau berkomentar maka kau berfikir